tips seputar ibu dan anak | kesehatan ibu dan anak

Rabu, 14 Oktober 2015

ASI Mampu Hindarkan 8 Jenis Gangguan Mental Pada Bayi

Banyak ibu yang tidak memberikan ASI kepada anaknya dengan berbagai alasan, mulai dari kesehatan hingga malas karena takut berat badannya tidak dapat kembali. Padahal menyusui anak dengan ASI sangatlah bermanfaat dan semakin lama bayi anda mendapatkan ASI maka kesehatan mentalnya juga akan semakin bagus.

Hal tersebut didasari oleh sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Pediatrics. Sebanyak 2.900 ibu hamil dijadikan sample penelitian, sampai sang anak berusia 14 tahun. Dari hasil penelitian tersebut didapatkan sebuah hasil yaitu ada 8 jenis gangguan mental yang dapat terhindar dengan memberikan ASI pada bayi dalam jangka waktu yang lama.
ASI Mampu Hindarkan 8 Jenis Gangguan Mental Pada Bayi
ASI Mampu Hindarkan 8 Jenis Gangguan Mental Pada Bayi

Adapun gangguan mental yang dapat menyerang bayi yang kurang mendapatkan ASI dalam jangka waktu yang lama terbagi dalam dua kelompok. Yang pertama adalah kelompok masalah internal dan eksternal. Kelompok masalah internal seperti menarik diri diri, depresif, psikosomatik, gangguan perhatian (autisme) dan juga gangguan berpikir. Dan gangguan mental yang eksternal seperti gangguan bersosialisasi, deliquet, deliquent behaviour dan juga tingkah laku agresif.

Jika terjadi kelahiran bayi secara prematur, ASI juga mampu untuk mengembalikan intelektualnya. Pada umumnya bayi yang prematur memiliki reseiko dalam hal perkembangan mental. Dengan memberikan ASI tersebut maka bayi akan terangsang kemampuan kognitifnya yang merupakan hal penting untuk kecerdasan. Bahkan anak yang terlahir dengan prematur bisa mendapatkan IQ lebih tinggi pada saat berusia 7,5 sampai 8 tahun, dibandingkan dengan yang tidak mendapatkan ASI.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : ASI Mampu Hindarkan 8 Jenis Gangguan Mental Pada Bayi

0 komentar:

Posting Komentar