tips seputar ibu dan anak | kesehatan ibu dan anak

Senin, 19 Oktober 2015

Tips Agar Anak Rajin Menggosok Gigi

Mengajari dan membiasakan anak untuk terbiasa melakukan hal yang baik sangatlah penting untuk dilakukan. Karena kebiasaan yang sering dilakukan dari kecil, akan terus dibawa hingga dewasa nanti. Salah satu hal baik yang wajib orang tua ajarkan kepada anak adalah rajin menggosok gigi. Namun untuk mengajari anak menyikat gigi bukanlah hal yang mudah karena tidak semua anak mau melakukan hal ini, untuk itu berikut beberapa tips cara mengajari anak agar rajin menggosok gigi.

Tips Agar Anak Rajin Menggosok Gigi
Tips Agar Anak Rajin Menggosok Gigi

Mencari Tau Penyebab Anak Malas Sikat Gigi
Jika anak anda termasuk yang sudah diajak untuk melakukan kegiatan sikat gigi, maka yang pertama kali harus dilakukan adalah dengan mencari tau apa sih yang menyebabkan anak menjadi malas untuk menyikat giginya. Mungkin saja ada gigi anak ada yang sudah terlanjur berlubang sehingga terasa nyeri saat disikat. Itulah pentingnya mengkomunikasikannya dengan anak sehingga anda menjadi tahu penyebab anak susah di ajak menggosok gigi.

Selalu Ceria dan Semangat Saat Mengajak Anak Menyikat Gigi
Anak harus diajari untuk disiplin. Berikanlah arahan yang baik yang baik dan tidak dengan marah-marah agar anak juga menjadi semangat. Hindari juga kalimat perintah apalagi dengan amarah.

Selalu Dampingi Anak dan Beri Contoh Cara Menyikat Gigi yang Benar
Beberapa  ahli percaya bahwa salah satu metode untuk mendidik anak adalah 'modeling', yaitu dengan memberi contoh. Cara ini dikatakan lebih banyak berhasil membuat anak mau menyikat gigi ketimbang orangtua yang hanya menyuruh tanpa mendampingi anaknya. Sehingga sebagai orang tua, jadilah contoh yang baik bagi anaknya.

Beritahu Anak Manfaat Menyikat Gigi
Penting untuk memberitahu anak untuk apa menggosok gigi, mengapa harus menggosok gigi, dan apa yang akan terjadi jika tidak menggosok gigi. Sehingga anak menjadi tahu perlunya menyikat gigi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Agar Anak Rajin Menggosok Gigi

0 komentar:

Posting Komentar