tips seputar ibu dan anak | kesehatan ibu dan anak

Minggu, 27 Desember 2015

Ini Alasan Mengapa Nugget Kurang Sehat untuk Anak

Jika kita perhatikan, nuget biasa menjadi pilihan para orangtua sebagai lauk yang praktis untuk anak-anak. Dengan alasan nuget memiliki rasa yang enak dan juga kandungan daging ayam dari nuget menurut para orang tua bagus sebagai sumber gizi buat anak-anak. Padahal nuget yang dibuat di pabrik sering menggunakan bahan seperti TBHQ, MSG, Sodium dan juga minyak yang terhidrogenisasi. Selain itu juga masih ada kandungan gula dan juga bahan pengawet. Untuk itulah anak-anak tidak disarankan untuk terlalu sering mengkonsumsi nuget dikarenakan berbagai alasan berikut :
Ini Alasan Mengapa Nugget Kurang Sehat untuk Anak
Ini Alasan Mengapa Nugget Kurang Sehat untuk Anak

Efek samping gula
Gula yang biasa digunakan dalam membuat nuget merupakan dektrosa. Dengan mengkonsumsinya dapat menambah deposit lemak di tubuh, yang dalam waktu yang lama akan memicu terjadinya obesitas. Selain itu juga gula ini dapat memicu hiperglikemia.

Efek samping minyak yang terhidrogenasi
Minyak yang satu ini mengandung lemak trans yang juga dapat memicu obesitas. Selain itu juga lemak ini merupakan penyabab munculnya sumbatan yang ada di pembulu darah yang dapat mengakibatkan sakit jantung. Ia juga dapat menyebabkan peradangan di dalam tubuh.

Mengandung banyak sodium
Sodium atau natrium yang terkandung di dalam nugget buatan pabrik umumnya sebanyak 1000 mg per 10 buah. Padahal setap orang hanya diperbolehkan mengkonsumsi sebanyak 2000-3000 mg dan jika lebih maka dapat mengakibatkan naiknya tekanan darah.

Terigu putih
Pada umumnya terigu mengandung gluten, yang kurang baik bagi kesehatan tubuh karena sulit untuk dicerna. Padahal nugget menggunakan campuran terigu dengan jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan komposisi ayamnya. Sehingga jika banyak mengkonsumsi nugget maka akan membuat kadar gula di dalam tubuh menjadi meningkat tajam karena gluten dan juga kalorinya yang tinggi tersebut.

TBHQ dan Dimetlipolisiloksan
Zat ini biasanya lebih sering digunakan pada produk atau pembuatan kosmetik, dan juga pengisian implan payudara namun juga digunakan pada pembuatan nugeet. Zat ini dapat memicu mutasi sel, kerusakan hati, kerusakan sistem reproduksi dan juga perubahan biokimia dan lain sebagainya. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ini Alasan Mengapa Nugget Kurang Sehat untuk Anak

0 komentar:

Posting Komentar